Berita Pilpres 2019: Surat Suara Telah Siap Dicoblos


Berita Pilpres (S) 2019 terus bergulir. Semakin ramai dan terus meramai. Berita olahraga, gosip artis, dan berita bencana alam pun kalah populer. Ini dikarenakan memang Indonesia akan mengadakan Pesta Demokrasi kesekian kalinya. Salah satu pemberitaan yang bergulir adalah tentang ketersediaan surat suara.

Pemilu identik dengan kotak surat suara, di mana surat suara ini memang alat untuk menyalurkan aspirasi kita. Masyarakat bisa memilih pemimpin sesuai dengan keinginannya. Tidak ada paksaan dari pihak manapun karena saat berada di dalam bilik, tidak ada seorang pun yang tahu siapa pilihan kita. Untuk itulah surat suara adalah alat kerahasiaan pemilu.

Dalam setiap berita Pilpres, pemberitaan tentang surat suara juga memiliki kekuatan sendiri. Banyak orang yang menanti-nantikannya. Bahkan sebelum surat suara jadi pun banyak pemberitaan terkait surat suara yang hoax. Menurut beberapa referensi, menyatakan bahwa keberadaan 70 kontainer surat suara sudah dalam keadaan bolong, bekas coblosan itu fakta.

Klasifikasi tersebut terkait dengan pemberitaan yang menyatakan bahwa TNI AL telah menemukan surat suara sudah dicoblos. Padahal seharusnya belum karena baru dicetak. Yang akan mencoblos adalah para pemilih atau masyarakat itu sendiri. Namun berita menyatakan demikian.

Atas dasar itulah maka berita yang terbaru menyatakan bahwa surat suara telah sah dicetak dan belum dicoblos sama sekali. Lembarannya masih utuh DNA dijamin asli. Ini akan memberikan angin segar bagi berita Pilpres 2019.

Tampilan surat suara untuk Pilpres 2019 masih sama dengan tampilan surat suara yang sebelumnya, yakni berwarna merah dan putih. Yang membedakan hanya Paslon capres-cawapresnya saja. Karena hanya ada dua Paslon, maka surat suara dibuat satu halaman. Cara melipatnya pun lebih mudah.

Pengesahan surat suara ini sudah disetujui oleh kedua BPN (Badan Pemenangan Nasional) yakni dari pihak BPN Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandi. Untuk itulah surat suara sudah resmi dibuat dan dicetak. Tinggal mendistribusikan di setiap TPS (Tempat Pengambilan Suara) di hari H pemungutan suara.

BPN masing-masing Paslon sudah menguji desain surat suara dan memusyawarahkannya dengan tim. Hasil akhir dari musyawarah ini adalah mengabarkan kepada KPU terbang persetujuannya.

Kegiatan pemungutan suara di Pilpres 2019 akan lancar dengan ketersediaan surat suara yang siap untuk dipakai. Semua pihak telah bekerja sama dalam hal ini sehingga persiapkan Pemilu mengalami kemajuan dari hari ke hari.

Pendistribusian surat suara ke KPU daerah akan dilakukan ketika sudah mendekati hari H pemungutan suara. Baru kemudian disalurkan ke TPS satu hari sebelum pemungutan suara.

Surat suara yang sifatnya rahasia ini sangatlah penting perannya. Walaupun hanya berupa kertas saja, tetapi jika tidak ada kertas suara maka pemungutan suara tidak akan bisa dilakukan.

Pencetakan surat suara ini dilakukan lebih dini untuk mencegah berita-berita Pilpres yang negatif, utamanya tentang surat suara. Pihak KPU pun bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketertiban Pemilu agar berjalan lancar dan presiden terbaik yang terpilih adalah pilihan rakyat.

Datang ke TPs terdekat, manfaatkan surat suara sesuai dengan fungsinya dan salurkan pilihan kita dengan sebaik mungkin. Caranya adalah hanya dengan mencoblos salah satu nomor Paslon pilihan kita.

Perdebatan saat kampanye adalah hal yang wajar, namun jika persiapan sudah sampai pengesahan surat suara dan pencetakannya, maka Pemilu sudah di ambang mata. Mengikuti berita Pilpres (S) 2019 bisa menjadi salah satu wujud partisipasi kita juga sebagai calon pemilih.


EmoticonEmoticon