4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru Maupun Bekas


Laptop merupakan kebutuhan primer yang biasa digunakan untuk menunjang produktifitas harian. Tak hanya anak sekolah, kuliah atau pekerja kantor saja yang sering menggunakan perangkat komputer, para emak online shop pun membutuhkan gadget canggih ini. 

Pilihan membeli perangkat komputer baru dan bekas memang sering menciptakan dilema tersendiri. Ada baiknya Anda tetap memperhatikan 4 hal berikut sebelum membeli perangkat komputer baik baru atau bekas. 

1. Pilih jenis laptop sesuai kebutuhan
Laptop baru atau bekas tentu memiliki pertimbangan masing-masing mulai segi harga hingga spesifikasi yang ditawarkan. Ada baiknya Anda senantiasa memilih jenis perangkat komputer yang sesuai dengan kebutuhan pribadi. 

Jika Anda membutuhkan jenis gadget yang mendukung aplikasi canggih atau desain kekinian, memang bisa memilih opsi gadget baru. Tentu dukungan finansial wajib Anda miliki untuk mendapatkan perangkat komputer keluaran terbaru yang dibandrol harga lebih mahal. 

Sebaliknya, Anda yang tidak memiliki dukungan finansial sebaiknya mencari banyak informasi terkait jenis gadget bekas yang memiliki spesifikasi sama. Perbedaan kisaran harga tentu bisa menjadi perhatian tersendiri selama Anda mampu memilih perangkat komputer pre loved yang masih berkualitas dan layak digunakan. 

2. Memahami harga pasaran yang berlaku

Setiap toko bisa saja menawarkan harga yang berbeda antara perangkat baru atau bekas yang dijual. Ada baiknya Anda mencari informasi terkait harga yang berlaku di pasaran baik baru atau bekas. 

Khusus Anda yang membeli perangkat komputer secara online, wajib mencari informasi dari situs website toko online satu dengan yang lain. Cara ini ampuh meminimalisir penipuan harga karena Anda mudah tergiur penawaran iklan atau diskon yang menggoda iman. Periksa dulu kesesuaian spesifikasi yang ditawarkan sesuai iklan atau promosi. 

3. Perhatikan jaminan garansi, service dan kelengkapan

Setiap pembelian laptop baru baik melalui toko offline atau online shop, Anda pasti akan mendapatkan jaminan garansi, service dan kelengkapan. Memiliki jaminan garansi bisa memberikan napas lega untuk Anda yang mungkin mengalami masalah dengan produk yang dibeli kemudian hari. Selain itu, pastikan merek produk memiliki service centre yang mudah ditemukan di berbagai tempat. 

Sedangkan produk bekas memang tidak memiliki masa garansi produk sebab telah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Kalau Anda membeli produk bekas di toko terpercaya maka bisa saja mendapatkan garansi toko bila tidak ada kelayakan produk dengan apa yang telah disepakati sebelumnya. Pastikan pula bahwa kelengkapan produk bekas sesuai dengan penawaran dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. 

4. Pastikan memilih tempat menjual produk baru dan bekas yang terpercaya
Sebaiknya Anda memang membeli produk laptop baru atau bekas pada tempat yang telah memiliki kepercayaan pelanggan. Toko yang menjual perangkat komputer baru atau bekas yang telah terpercaya tentu berani menjual keaslian produk termasuk garansi yang memuaskan. 

Selain itu, harga yang ditawarkan cenderung sesuai dengan harga pasar sehingga Anda tidak perlu khawatir bakal tertipu harga murah. Sebaiknya Anda benar-benar teliti sebelum membeli agar tidak tertipu oknum abal-abal yang mengaku menjual produk secara online. Pastikan toko online yang kredibel memiliki alamat lengkap, nomor kontak dan testimoni terpercaya dari pelanggan.

Empat hal penting di atas wajib Anda perhatikan lebih cermat sebelum membeli laptop baru atau bekas. Pilih dan beli perangkat komputer yang portable ini sesuai dengan kebutuhan. Tentu Anda tidak bisa membeli perangkat komputer yang sama untuk keperluan bekerja atau sekadar gaming. Sudahkah Anda memiliki gambaran jenis dan spesifikasi laptop favorit?


EmoticonEmoticon