Tips Memilih Tempat Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

 
Belanja merupakan suatu aktivitas yang tidak akan pernah punah dari manusia. Dengan kata lain, belanja merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Baik itu belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk sekedar hobby dan gaya hidup.

Zaman yang semakin maju, menjadikan belanja pun ikut menjadi instan dan sangat mudah. bagaimana tidak, saat ini cukup dengan ponsel pintar di genggaman kita dan internet, maka belanja sudah bisa dilakukan. Belanja ini disebut belanja online.

Mengingat banyaknya peminat belanja online, lapak jualan online pun semakin banyak bermunculan. Tentu saja hal ini akan membuat calon pembeli menjadi bingung mau belanja online di lapak yang mana. Apalagi online berarti tidak ada interaksi tatap muka, kadang membuat sebagian pembeli menjadi ragu akan keamanan ketika hendak belanja online.

Untuk menepis keraguan tersebut, kami akan menyajikan tips memilih tempat belanja online yang aman dan nyaman. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir akan dua hal tersebut. Selanjutnya, yukk simak penjelasan di bawah ini:

1. Cek reputasi toko online
Sebelum memutuskan di mana anda akan belanja online, alangkah baiknya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek reputasi toko online tersebut. Yang kami maksud dengan reputasi antara lain kepuasan konsumen yang pernah belanja di toko online tersebut.

Untuk mengecek reputasi toko online, anda bisa melihat di kolom testimoni produk maupun toko. Pastinya setelah konsumen mendapatkan barang belanjaannya, mereka akan melakukan umpan balik berupa testimoni kepuasan terhadap layanan dan produk tersebut. Nah, anda bisa menjadikan testimoni konsumen tersebut sebagai pertimbangan anda sebelum melakukan pembelian. Reputasi juga bisa anda dapatkan melalui teman-teman atau kerabat anda yang pernah belanja di toko online.

2. Memiliki Layanan service 24 Jam
Pastikan toko online yang sedang anda lirik memiliki layanan konsumen 24 jam nonstop. Dengan adanya layanan konsumen semacam ini, konsumen akan terbantu dan dimudahkan ketika mengalami kendala saat berbelanja.

Tak bisa dipungkiri, terkadang jaringan online juga memiliki kelemahan dan permasalahan, utamanya di transaksi dan verifikasi. Maka, dengan adanya layanan konsumen ini, pembeli tidak perlu khawatir perihal keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja.

3. Banyak memiliki fitur pembayaran
Selain keamanan, kenyamanan menjadi salah satu faktor utama sebelum konsumen memutuskan untuk berbelanja. Kenyamanan tersebut salah satunya akan didapatkan konsumen ketika toko online banyak menyediakan fitur pembayaran. Mulai dari M-Banking, transfer ATM, pembayaran melalui kantor POS, ataupun melalui PPOB lainnya.

Ragam fitur pembayaran akan sangat berguna bagi konsumen yang juga beragam. Kadang ada konsumen yang saldo rekeningnya sedang kosong, maka pembayaran melalui PPOB bisa dijadikan sebagai alternatif. 

4. Gratis ongkir
Ongkos kirim terkadang masih menjadi hal yang menakutkan bagi konsumen. Kata mereka, percuma harga produk yang ditawarkan murah tetapi masih ada ongkos kirimnya. Menurut sebagian orang, mending beli langsung di toko dekat rumah, tanpa ongkir.

Melihat kesan ongkos kirim yang sedemikian rupa, maka toko online yang memberikan layanan gratis ongkir akan membuat belanja online semakin nyaman. Salah satu toko online yang memberikan layanan gratis ongkir adalah Blibli. Sudah lama sekali layanan tersebut dipersembahkan Blibli untuk para konsumennya agar belanja semakin nyaman.

Itulah ulasan singkat tentang bagaimana tips memilih tempat belanja online yang aman dan nyaman. Selamat berbelanja! Semoga apa yang anda cari dan hendak dibeli segera bisa anda miliki.

Latest


EmoticonEmoticon