5 Makanan Ibu Menyusui Pemacu Produksi ASI


Senpai Blog - Dapat memberikan ASI bagi buah hati adalah kebahagiaan tersendiri bagi seluruh Ibu di dunia. Namun sebagian besar Ibu menyusui mengkhawatirkan produksi air susu mereka, Apakah bayi mereka mendapatkan cukup ASI atau tidak? Sebenarnya  pasca melahirkan, Ibu bisa memproduksi ASI yang cukup bagi bayi. Kecuali, pada beberapa kasus tertentu, seorang ibu tidak bisa memproduksi ASI sama sekali.

Bayi yang  tidak mendapatkan ASI yang cukup akan mengalami gangguan tidur selama lebih dari enam minggu. Namun Ibu tak perlu khawatir! Ada banyak makanan Ibu menyusui yang dapat meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Produksi ASI yang melimpah dan berkualitas akan menunjang tumbuh kembang bayi secara optimal. Hal ini dikarenakan ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Ibu agar dapat memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayinya. Walaupun setelah 6 bulan, bayi sudah mendapatkan tambahan nutrisi dari makanan pendamping ASI, jumlah dan kualitas ASI harus tetap dipertahankan. Berikut 5 makanan yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI secara alami, yaitu :

  1. Gandum
    Gandum mengandung saponin yang menstimulasi produksi hormon penghasil ASI pada ibu menyusui. Selain itu, gandum juga  mengandung asam folat yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Untuk mendapatkan kandungan asam folat ini, Ibu bisa mengkonsumsi roti gandum sebagai camilan di pagi atau sore hari.
  2. Beras Merah
    Beras merah kaya akan senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI. Mengonsumsi beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan. Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjada kadar gula dalam darah. Saat si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan, beras merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik buat bayi.
  3. Daun Katuk
    Sudah bukan rahasia bahwa daun katuk merupakan salah satu makanan ibu menyusui yang sangat ampuh untuk  memperlancar ASI. Mengonsumsi daun katuk dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI hingga 50%. Ibu bisa memasak daun katuk sebagai kuah bening dan disantap dengan nasi merah yang juga baik untuk ibu menyusui.
  4. Kacang-kacangan
    Ibu menyusui sangat disarankan makan jenis kacang-kacangan dalam jumlah besar karena mengandung asam lemak dan asam amino yang merangsang neurotransmitters dalam tubuh untuk mengeluarkan ASI lebih banyak. Selama  menyusui, Ibu bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, hingga kacang hijau sebagai snack atau camilan sehat. Jenis kacang-kacang ini mengandung banyak protein yang berkhasiat sebagai pelancar dan penambah produksi ASI. 
  5. Ikan Salmon
    Untuk membuat ASI berkualitas, Ibu bisa mengonsumsi  ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega – 3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid) yang cukup tinggi. DHA sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan sang bayi. Sedangkan EPA baik untuk kesehatan jantung dan pembentukan sel darah.

Ternyata cara memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI tidak sulit, bukan? Selain mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui tersebut, pastikan Ibu juga melakukan olahraga secara  rutin dan juga istirahat yang cukup untuk memperlancar ASI. Produksi ASI juga akan terus berlimpah jika Ibu sering menyusui si Kecil. Agar kualitas ASI selalu baik, sebaiknya Ibu menghindari penyebab stress. Jika Ibu terus mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan diri, maka ASI berkualitas akan selalu dihasilkan.

1 komentar:

terimaksih atas informasinya ,informasi yang diberikan sangat bermanfaat,
bagi kalian yang bingung tentang jenis parfum,dan ingin tau apa saja jenis parfum yang pas untuk kriteria anda,anda dapat mengunjungi
Jual Parfum Cinta


EmoticonEmoticon