Buat Taman Rumah Anda Jadi Terawat

Senpai Blog - Kondisi udara yang semakin hari semakin tidak baik tentu membuat udara di dalam rumah jadi terasa lebih pengap. Karenanya, taman di rumah memiliki peran yang cukup penting karena tanaman-tanaman di dalamnya dapat menghasilkan oksigen sehingga Anda bisa bernafas lebih lega. Dengan adanya taman juga membuat rumah Anda jadi lebih indah dan terlihat rapi. Namun dengan adanya taman tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman Anda.

1. Siram Tanaman
Air adalah unsur yang berperan paling penting bagi kelangsungan hidup tanaman. Karena itu, tanaman perlu disiram sesuai dengan kebutuhan masing-masing jenis tanaman. Tidak berkekurangan dan tidak berlebihan karena akan berdampak pada kesehatan tanaman. Saat menyiram tanaman yang berada di pot, siramlah sampai air meluap dan keluar dari lubang, lalu berhenti menyiram. Jika air terlalu banyak menggenang, maka tanaman akan dengan mudah membusuk. 

2. Cahaya dan Kelembapan
Selain air, kedua hal ini juga sama pentingnya dan memerlukan porsi yang tepat. Jika tingkat kelembapannya tinggi, maka tanaman akan lebih mudah mendapatkan air. Tapi, sesuaikan juga dengan jenis tanaman tersebut. Ada beberapa tanaman yang memang hidup di daerah yang kering, seperti kaktus. Tanda jika tanaman tersebut kurang lembap adalah muncul bercak kecokelatan pada daun. Sedangkan jika kekurangan cahaya matahari, maka tanaman tersebut akan terlihat pucat dan lemas. Pada umumnya, tanaman memerlukan sinar matahari yang cukup. Karenanya, pastikan tidak ada benda yang menghalangi cahaya matahari.

4. Media tanam
Meskipun cahaya dan kadar air pada tanaman sudah tercukupi dengan baik, tetap ada kemungkinan bahwa tanaman masih belum berkembang secara baik dan optimal. Bisa jadi, tanah bukanlah media yang tepat. Ada beberapa alternatif media tanam, seperti arang, kristal, bahkan air. Pastikan media yang digunakan adalah media yang tepat untuk tanaman.


5. Gunakan Bahan Organik
Ada beberapa tanaman yang menarik perhatian serangga dan hama. Beberapa serangga memang membantu terjadinya penyerbukan pada tanaman, tapi tentu ada juga serangga yang malah mengganggu tanaman tersebut. Gunakan pembasmi serangga atau hama jika sangat mengganggu, bahkan merusak. Penggunaan insektisida atau pestisida yang terbuat dari bahan kimia terkadang malah memperburuk kondisi tanaman tersebut. Sebaliknya, cobalah gunakan bahan-bahan yang alami. Selain penggunaan pembasmi hama, pupuk organik juga baik untuk tanaman. Taburi cangkang telur yang telah dihancurkan untuk menambah kadar kalsium dalam tanah.

6. Bersihkan tanaman
Tanaman juga harus selalu bersih dari kotoran-kotoran yang ada. Daun pun perlu dibersihkan, terutama jika letak taman Anda sangat dekat dengan jalan raya dan menyebabkan banyaknya debu yang menempel pada daun tanaman. Debu yang menempel pada daun itu bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, ada perlunya Anda membersihkan daun demi daun tanaman menggunakan kain halus agar tanaman Anda tetap tumbuh sehat. Selain daun, ranting juga perlu diperhatikan kesehatannya. Jika terlihat ranting sudah tidak baik lagi, lebih baik dipotong agar tidak mengganggu tanaman secara keseluruhan.

7. Ganti Pot
Jika tanaman Anda diletakkan di dalam pot, Anda perlu memperhatikan ukuran tanaman tersebut. Semakin besar tanaman, tentunya semakin besar pula tempat yang diperlukan tanaman tersebut untuk tumbuh dan hidup. Jangan sampai tumbuhan besar tersebut dipaksakan hidup di pot yang kecil. Selain menggunakan pot, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas Anda untuk didaur ulang dan menjadi tempat untuk tanaman Anda tumbuh.

1 komentar:

terimaksih atas informasinya ,informasi yang diberikan sangat bermanfaat,
bagi kalian yang bingung tentang jenis parfum,dan ingin tau apa saja jenis parfum yang pas untuk kriteria anda,anda dapat mengunjungi
Jual Parfum Cinta


EmoticonEmoticon